Bagian Hublang

Sahdeli Irsan, ST
Kepala Bagian Hubungan Langganan

 

Wewenang :

  1. Melakukan penilaian terhadap rencana yang diajukan oleh setiap Kepala Sub Bagian yang berada diawah koodinasinya.
  2. Mengatur dan mengkoordinir seluruh staf di Sub Bagian Pelayanan Langga- nan, Sub Bagian Pencatat Meter dan Sub Bagian Rekening.
  3. Menetapkan strategi kerja untuk dapat mencapai jumlah sambungan yang telah direncanakan, pelayanan yang optimal kepada pelanggan, memerikan ionformasi yang berkaitan dengan pelayanan air bersih kepada masyarakat luas.
  4. Melakukan pengawasan dan penilaian terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Sub Bagian yang berada dibawah koodinasinya dan memerikan instruksi atau saran baik diminta ataupun tidak untuk meningkatkan kualitas kegiatan.

Tanggung Jawab :

  1. Kelancaran pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat luas.
  2. Kebenaran hasil pencatatan meter dan ketepatan jadual pelaksanannya.
  3. Menjaga citra PDAM didepan pelanggan dan masyarakat luas.
  4. Kebenaran perhitungan dan ketepatan waktu pembuatan Rekening Air pelanggan.
  5. Penyusunan program pemasaran dan pelaksanaannya, baik pemasaran terhadap calon pelanggan maupun terhadap masyarakat yang telah menjadi pelanggan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencara Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Bagian Hubungan Langganan dan memberikan masukan yang diperlukan Tim Penyusunan Anggaran untuk merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Merumuskan pola koordinasi kerja yang baik antar seluruh Sub Bagian dan staf bawahannya dalam pelaksanaan pelayanan sambungan baru, pendataan pelanggan, memproses rekening pelanggan sehingga terbentuk iklim kerja yang sehat di Bagian Hubungan Langganan.
  3. Secara berkala melakukan penilaian terhadap koordinasi kerja yang terjalin di Bagian Hubungan Langganan dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan dalam hal terjadi penyimpangan dari kebijakan yang ditetapkan.
  4. Menyelenggarakan hubungan yang baik dengan pihak-pihak diluar perusahaan yang utamanya ditujukan untuk pemasaran produk perusahaan dan peningkatan citra perusahaan dalam kaitannya dengan penjualan produk.
  5. Menampung dan meyelesaikan semua permasalahan yang tidak dapat diatasi oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah koodinasinya.
  6. Menyelengarakan koodinasi kerja yang baik dengan seluruh Bagian di perusahaan, terutama dengan Bagian Perencana Teknik dan Bagian Produksi untuk dapat diperoleh informasi yang akurat mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan proses produksi dan distribusi air bersih.
  7. Memantau secara intensif realisasi yang dicapai dari rencana jumlah sambungan, rencana jumlah penjualan air dan rencana pendapatan Rekening Air, serta melakukan evaluasi atas kegiatan pemasaran, pelayanan langganan dan sistem pembacaan meter, pembuatan rekening air pelanggan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk perbaikan.
  8. Melakukan pengawasan yang intensif terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan seluruh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya, dan memberikan saran dan instruksi yang diperlukan untuk peningkatan ataupun perbaikan kualitas kegiatan baik diminta ataupun tidak.
  9. Memeriksa dengan teliti dokumen-dokumen pendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya agar seluruh kegiatan dapat terpantau secara terus menerus dan melakukan klarifikasi dalam hal ditemui kekeliruan.
  10. Memantau dan membantu tugas-tugas Kepala Sub Bagian Pelayanan Langganan dalam pelaksanaan/proses pemasangan sambungan baru agar sesuai dengan jadual supaya target jumlah sambungan yang telah ditetapkan dapat tercapai dan citra perusahaan yang berkaitan dengan pemasaran produk dapat terjaga.
  11. Memantau dan membantu tugas-tugas Kepala Sub Bagian Pencatat Meter agar kegiatan pencatatan meter air pelanggan dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga data yang disajikan sesuai dengan kondisi nyata.
  12. Memantau dan membantu tugas-tugas Kepala Sub Bagian Rekening, sehingga seluruh Rekening Air Pelanggan dapat diselesaikan secara benar dan pendistribusiannya ke Sub Bagian Penagihan dapat dilakukan dengan tepat waktu.
  13. Menampung dan menyelesaikan semua permasalahan yang tidak diatasi oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya.
  14. Mengawasi, memeriksa dan memantau penyusunan laporan yang harus dibuat oleh setiap Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya, dan memberikan instruksi perbaikan dalam hal ditemui kekeliruan dalam penyusunannya.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam lingkup tugasnya yang diberikan oleh Direktur.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, Kepala Bagian Hubungan Langganan dibantu oleh:

Sub Bagian Pelayanan Langganan

Wewenang :

  1. Mengusulkan jadual pelaksanaan prosedur pemasangan sambungan baru.
  2. Mengatur pelayanan terhadap permohonan pemasangan sambungan baru dan memantau pelaksanaannya agar sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan.
  3. Melakukan konfirmasi kepada Sub Bagian lain untuk meyakinkan kebenaran data pelanggan.
  4. Mengatur pelaksanaan pemutusan, pelayanan pemasangan sambungan baru, administrasi pelanggan dan penyambungan kembali instalasi pelanggan yang diputus dan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan PDAM terhadap pelanggan.

Tanggung Jawab :

  1. Penyelesaian permohonan pemasangan sambungan baru dari masyarakat.
  2. Ketertiban dan ketepatan data pelanggan dan calon pelanggan yang telah mendaftar untuk menjadi pelanggan.
  3. Penyajian data yang tepat untuk keperluan pelaksanaan pembacaan meter.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pelayanan Langganan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Merumuskan polakoodinasi kerja yang baik antar seluruh staf bawahannya untuk membentuk iklim kerja yang sehat di Sub Bagian Pelayanan Langganan.
  3. Mengkoodinir staf bawahannya dalam pelaksanaan pelayanan terhadap permohonan sambungan baru, dan bila diperlukan memberikan penerangan dan penjelasan mengenai dapat tidaknya permohonan tersebut dilayani.
  4. Mengkoodinir, Mengawasi staf bawahannya untuk memproses permohonan sambungan baru sesuai dengan prosedur yang berlaku, serta melakukan pemantauan terhadap proses waktu pelaksanaan pemasangan sambungan baru agar pelaksanaannya sesuai dengan jadual waktu pemasangan.
  5. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Transmisi Distribusi, Meter Segel untuk kelancaran pelaksanaan pemasangan sambungan baru dan memberikan informasi pada calon pelanggan bilamana terjadi hambatan dalam pemasangan sambungan baru.
  6. Mengkoordinir pelaksanaan pencatatan data pelanggan baru, antara lain data mengenai identitas pelanggan, alamat pelanggan,jenis pelanggan dan lain-lain data yang diperlukan untuk mengetahui secara tepat status administrasi pelanggan.
  7. Mengkkordinir penyelenggaraan administrasi data pelanggan, antara data mengenai identitas pelanggan, alamat pelanggan,jenis pelanggan dan lain-lain agar setiap saat dapat diketahui status setiap pelanggan.
  8. Secara berkala memeriksa kebenaran administrasi pelanggan dan memberikan instruksi atau saran yang diperlukan untuk perbaikan yang diperlukan, serta mengkoordinir pelaksanaannya sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  9. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan tugas pelayanan dan informasi terhadap pelanggan dan masyarakat yang berkaitan dengan gangguan pendistribusian air, perbaikan jaringan perpipaan sesuai dengan prosedur yang ada.
  10. Mengkoordinir tugas pelayanan penjualan air malalui mobil tangki dan pengoperasian mobil tangki agar terlaksana sesuai dengan prosedur yang ada.
  11. Mengadakan koordinasi yang baik dengan Bagian/Sub Bagian lainnya, khususnya dengan Sub Bagian Penagihan untuk memperoleh data pelanggan yang dikenakan sanksi administrasi maupun teknis.
  12. Memantau secara teliti proses pemutusan sambungan pelanggan, baik yang disebabkan oleh tunggakan pembayaran rekening ataupun sebab lain dan mengkoordinir pencatatan hasil pelaksanaan kegiatan pemutusan sambungan.
  13. Memantau secara teliti proses penyambungan kembali instalasi pelanggan yang sudah diputus dan mengkoordinir pencatatan hasil pelaksanaan kegiatan penyambungan kem- bali instalasi pelanggan.
  14. Secara berkala menyiapkan laporan yang berkaitan dengan aspek pelayanan, khususnya laporan yang berkaitan dengan posisi jumlah sambungan pelanggan dan volume penjualan air.
  15. Mengawasi pelaksanaan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh staf di Sub Bagian Pelayanan Langganan, baik melalui perencanaan tahunan maupun melalui pengamatan langsung ke lapangan.
  16. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Langganan.

Sub Bagian Pencatat Meter

Wewenang :

  1. Menetapkan jadual pelaksanaan pembacaan meter berdasarkan lokasi/wilayah pelanggan.
  2. Menetapkan pembagian kerja antara para Pembaca Meter.

Tanggung Jawab :

  1. Kebenaran pencatatan meter dan kubikasi pemakaian air oleh para pelanggan.
  2. Ketepatan informasi mengenai identitas pelanggan, khususnya mengenai kondisi meter air pelanggan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pencatat Meter dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Merumuskan Program kerja serta pola koordinasi yang baik antar seruruh staf bawahannya untuk membentuk iklim kerja yang sehat di Sub Bagian Pencatat Meter.
  3. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Rekening untuk memperoleh daftar pelanggan yang tercatat dalam format DSML yang selanjutnya digunakan sebagai dasar pembacaan angka meter pelanggan.
  4. Mengadakan koordinasi dengan pembuat rekening dalam penyampaian informasi hasil pembacaan meter, dan memberikan instruksi pembacaan ulang meter pelanggan kepada petugas Pembaca Meter apabila diperlukan.
  5. Menyusun jadual dan rencana pembacaan meter per wilayah menurut jumlah petugas secara bergilir dan tidak ditentukan lebih dahulu.
  6. Mengadakan penelitian dan pengecekatan secara tiba-tiba di lapangan untuk memastikan kebenaran pembacaan meter yang dilakukan oleh para Pembaca Meter.
  7. Mengadakan evaluasi dan abalisa dan menyelidiki sebab-sebab terjadinya penurunan dan kenaikan pemakaian air yang menyolok oleh pelanggan tertentu.
  8. Mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi cara pembacaan meter yang tidak benar dan mengusulkan cara kerja atau perbaikan fasilitas kerja yang dibutuhkan.
  9. Mengkoordinir pengumpulan data pelanggan dan pelaporan tentang : (a) Nama atau alamat pelanggan yang tidak ditemukan; (b) Pelanggan yang tidak memperoleh air; (c) Penyalahgunaan pemakaian air; (d) Ketidakwajaran dan kerusakan pada
    meteran air; (e) Jumlah pelanggan berdasarkan jumlah meter yang diperiksa; (f) Pengaduan pelanggan.
  10. Mengadakan koordinasi yang baik dengan seluruh Sub Bagian di perusahaan, terutama dengan Sub Bagian yang secara rutin terkait dengan kegiatan utama Sub Bagian Pembaca Meter.
  11. Memeriksa dengan teliti hasil pembacaan meter dan melakukan konfirmasi pada Pembaca Meter apabila ditemui kejanggalan data dengan tujuan untuk meyakinkan kebenarannya.
  12. Melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan staf bawahannya, dan memberikan saran atau instruksi yang diperlukan untuk perbaikan ataupun peningkatan kualitas hasil kerja.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Langganan.

Sub Bagian Rekening

Wewenang :

  1. Mengatur pembuatan Rekening dan data lain yang terkait denganpiutang langganan.
  2. Mengatur pendistribusian rekening air pelanggan pada setiap loket pembayaran rekening.

Tanggung Jawab :

  1. Penyelesaian pembuatan rekening yang tepat menurut jadual yang telah ditetapkan.
  2. Penyajian data/informasi yang berkaitan dengan piutang pelanggan, khususnya yang berkaitan dengan analisa umur piutang yang akan dijadikan dasar dalam kebijakan pemutusan sambungan pelanggan.
  3. Pemeliharaan data piutang pelanggan agar selalu sesuai dengan kondisi pelanggan yang sebenarnya (up to date).
  4. Pemeliharaan perangkat dan perangkat keras (Personal Computer) pengelolah data pelanggan agar selalu siap pakai.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Rekening dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Merumuskan pola koordinasi kerja yang baik antar seluruh staf bawahannya untuk membentuk iklim kerja yang sehat di Sub Bagian Rekening.
  3. Melakukan koordinasi dengan Sub Bagian Pencatat Meter, Pelayanan Langganan dan Sub Bagian Penagihan, agar dapat menyusun jadual kegiatan terpadu sesuai dengan prosesdur yang berlaku, mulai dari pembacaan meter pelanggan, pembuatan rekening dan penagihannya.
  4. Melakukan koordinasi dengan Sub Bagian Pelayanan Langganan dalam menentukan jumlah pelanggan yang akan dibuatkan rekening dan merupakan data untuk menyiapkan daftar pelanggan yang aklan dibaca meter airnya (dasar pencetakan formulir DSML yang diserahkan.
  5. Mengkoordinir staf bawahannya dalam pekerjaan pembuatan Rekening Air melalui penggunaan perangkat lunak yang telah disiapkan agar sesuai dengan jadual kerja yang telah ditetapkan.
  6. Memeriksa Rekening Air yang telah dibuat antara lain meliputi pemeriksaan atas kebenaran pencatatan jumlah air yang dipakai pelanggan, tarif air yang dibebankan sesuai dengn golongan tarip unruk setiap jenis pelanggan, penetapan dan perhitungan biaya lain.
  7. Mengkoordnir staf bawahannya dalam pelaksanaan koreksi terhadap kesalahan pembuatan Rekening.
  8. Memantau secara teliti pengiriman Rekening Air kepada Su Bagian Penagihan untuk mencegah terjadinya kekeliruan dalam pelaksanaannya.
  9. Mengkoordnir staf bawahannya dalam pelaksanaan pencatatan hasil penerimaan tagihan Rekening Air dalam perangkat lunak yang telah disiapkan.
  10. Memerikan instruksi kepada operator komputer untuk mencatat data sambungan baru untuk dijadikan dasar pembuatan Rekening Air pada periode berikutnya.
  11. Memberikan data dan informasi mengenai posisi piutang pelanggan dan lain-lain data yang berkaitan dengan data pelanggan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya yang tercakup dalam perangkat lunak yang dioperasikan oleh Sub Bagian Pembuat Rekening.
  12. Mengkoodinir peyusunan laporan posisi piutang pelanggan dan informasi lain yang menjadi tanggung jawab Sub Bagian Pembuat Rekening secara benar dan tepat waktu.
  13. Melaksanakan fungsi-fungsi lauin dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Langganan.

Koordinator Unit Pelayanan Gangguan

Wewenang : Merancang perbaikan pipa Dinas

Tanggung Jawab : Mengurangi tingkat kebocoran

Tugas : 

Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Unit Pelayanan Gangguan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.