Bagian IPA Surabaya

Syariful Iksan
Kepala Bagian Instanasi Pengolahan Air Surabaya

 

Wewenang :

  1. Merencanakan, mengorganisir, menggerakkan dan mengawasi kegiatan- kegiatan Bagian Produksi yaitu kegiatan pengolahan air baku dari sumber air baku sampai ke reservoar distribusi.
  2. Mengendalikan kualitas dan kuantitas air bersih yang diproduksi.

Tanggung Jawab :

  1. Pencapaian target jumlah air yang diproduksi.
  2. Kualitas air yang didistribusikan pada pelanggan telah memenuhi standar air bersih.
  3. Keandalan instalasi pengolahan air dalam memproduksi air bersih.
  4. Pelaksanaan pengolahan air yang ekonomis.

Tugas :

  1. Menyusun Rencara Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Bagian Produksi dan meberikan masukan yang diperlukan Tim Penyusunan Anggaran untuk merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Menyusun rencana dan pengawasan pelaksanaan monitoring kualitas air dengan analisa Fisika, Kimia maupun Bakteriologis agar mutu air dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan standar air bersih.
  3. Merumuskan pola koordinasi kerja yang baik antar Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya untuk membentuk iklim kerja yang sehat dan produktif di Bagian Produksi.
  4. Merencanakan dan mengawasi program kegiatan pemeliharaan dan pembersihan instalasi penyadapan, instalasi pengolahan air baku serta menyimpan air untuk menjamin keandalan instalasi pengolahan air dalam memproduksi air bersih.
  5. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan dalam memantau kualitas air dijaringan dan mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kualitas air.
  6. Koordinasi dengan Bagian Perencanaan Teknik dalam permasalahan sumber air baku sekarang dan potensi sumber air baku dimasa yang akan datang.
  7. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Umum dalam program penyediaan stock minimum pengadaan bahan/barang untuk menjamin kontnuitas persediaan bahan-bahan pengolahan air baku.
  8. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Hubungan Langganan dalam kaitan dengan produksi air dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat luas.
  9. Mengawasi pelaksanaan kegiatan penggunaan bahan di Sub Bagian Laboratorium, Sub Bagian Pengolahan air baku serta Sub Bagian Pemeliharaan dalam perawatan instalasi dan kegiatan perbengkelan, sehingga pengolahan air dilaksanakan dengan ekonomis.
  10. Mengawasi agar volume air sebagaimana tercatat pada panel pencatatan pabrik tidak melampaui kapasitas pengolahan yang ada.
  11. Mengawasi kegiatan opersional pengolahan air dari pengambilan sumber air baku sampai dengan reservoar pendistribusian air.
  12. Mengawasi penyusunan laporan teknik yang berkaitan dengan Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya, memeriksa laporan yang dihasilkan dan memberikan instruksi perbaikan dalam hal ditemui kekeliruan dalam penyusunannya.
  13. Mengevaluasi, memonitor hasil kegiatan staf pada Bagian Produksi dan memberikan tanggapan berdasarkan hasil yang dicapai baik positif maupun teguran untuk peningkatan mutu air dan efeseinsi kerja.
  14. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Direktur.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, Kepala Bagian IPA Nelas dibantu oleh:

Sub Bagian Pengolahan Air Bersih

Wewenang :

Mengatur operasi dan perawatan dari sumber air dan instalasi pengolahan air yang ada.

Tanggung Jawab :

Bekerjanya instalasi pengolahan air dan perlengkapannya secara sempurna.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pengolahan Air Bersih dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Menyusun program kerja bagi staf Sub Bagian untuk pelaksanaan operasi instalasi pengolahan air dan memonitor jumlah air, kualitas air dan permasalahan yang ada setiap hari serta mengambil tindakan perbaikan terhadap masalah yang dihadapi agar kuantitas dan kualitas air yang diproduksi dapat sesuai dengan yang direncanakan.
  3. Mengkoordinir, mengarahkan kegiatan staf operator dan dalam keadaan darurat harus mampu mengamankan instalasi.
  4. Mengorganisir dn menggerakkan pelaksanaan program pembersihan dan pengurasan secara kontinyu untuk fasilitas-fasilitas pengolahan air seperti pembersihan dan perawatan bak prasedementasi, bak koagolasi/flokulasi, bak pengaduk bahan kimia, saringan pasir dan peralatan lain pada waktu-waktu yang telah dijadualkan.
  5. Menyelia pelaksanaan operasi pembubuhan zat kimia agar didapatkan air dengan mutu yang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.
  6. Memeriksa kesesuaian antara hasil perhitungan jartes dengan pelaksanaan pencampuran zat kimia dan menjamin pengaturan kecepatan pembubuhan larutan kimia dari alat pembubuh sudah dilakukan dengan benar.
  7. Melaksanakan koordinasi aspek pemeliharaan dengan Sub Bagian Pemeliharaan.
  8. Mengadakan pemeriksaan dan pengawasan proses pengolahan air secara kontinyu, bekerjasama dengan Kepala Sub Bagian Laboratorium dalam pengambilan sampel dan analisa air.
  9. Pemantauan dilakukan dengan memeriksa hasil analisa kekeruhan air dan PH sebelum proses pengolahan, sesudah proses pengendapan dan sesudah proses penyaringan serta konsentrasi sisa chlor, PH dan kekeruhan untuk air yang sudah diolah.
  10. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pergudangan dan Sub Bagian Pembelian dalam pengadaan bahan-bahan kimia yang dibutuhkan untuk pengolahan air.
  11. Mengawasi kegiatan pencatatan data kegiatan pengolahan.
  12. Menganalisa dan meneliti faktor-faktor penyebab naik turunnya produksi air dan menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menanggulangi keadaan yang menghambat produksi air.
  13. Mengawasi pelaksanaan dari tindakan operasional khususnya dalam mengatasi hambatan produksi air, sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan efeseinsi kerja.
  14. Mengkoordinir penyusunan laporan yang berkaitan dengan Sub Bagiannya, baik harian, bulanan maupun tahunan sesuai dengan format yang ada.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Produksi.

Sub Bagian Laboratorium

Wewenang :

Melakukan analisa terhadap air baku yang diproses dan memberikan laporan atas hasilnya.

Tanggung Jawab :

Kebenaran hasil analisa laboratorium, terjaminnya mutu air yang sudah diolah.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Laboratorium dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Mengkoordinir dan mengarahkan pelaksanaan program pengambilan sampel air baku dari sumber, pengolahan, reservoair dan sistem distribusi dan menjamin prosedur pengambilan sampel telah dilaksanakan dengan benar.
  3. Menyelia kegiatan staf laboratorium untuk menjamin pelaksanaan yang benar dalam pembuatan larutan standar, kebersihan ruangan dan peralatan laboratorium.
  4. Menyelia pelaksanaan penelitian dan analisa fisika, kimia dan bakteriologis terhadap keadaan dan mutu air mulai dari sumber sampai dengan jaringan distribusi dengan frekuensi pengambilan sampel yang telah disetujui oleh Kepala Bagian Produksi dengan format-format standar yang ada.
  5. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pengolahan Air Bersih bila ada perubahan kualitas air baku maupun air yang telah diolah dari hasil analisa laboratorium agar dapat segera diambil tindakan perubahan operasi pengolahan.
  6. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pergudangan dan Sub Bagian Pembelian dalam pengadaan bahan kimia yang dibutuhkan untuk Sub Bagian Laboratorium.
  7. Menentukan dan mengawasi pemakaian bahan-bahan kimia dan larutan-larutan standar untuk analisa air dan menjamin selalu tersedianya bahan kimia untuk kegiatan laboratorium.
  8. Mengawasi kegiatan pemeliharaan dan pengoperasian peralatan laboratorium dan ruangan laboratorium.
  9. Menganalisa data-data hasilan alisa air yang dilakukan setiap hari dan melaksanakan penyimpanan secara baik.
  10. Mengumpulkan dan menganalisa data statistik mengenai tinggi air sungai (debit air sungai), bekerjasama dengan Dinas Pengairan yang bertanggung jawab terhadap badan air sumber air baku.
  11. Mengawasi dan menyetujui permintaan dan pengeluaran barang dari gudang laboratorium.
  12. Membantu Kepala Bagian Produksi dalam hal pengumpulan data dan pembuatan laporan secara periodik sesuai dengan format yang ada.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Produksi.

Sub Bagian Pemeliharaan

Wewenang :

Mengatur dan memeriksa keadaan seluruh peralatan mekanik dan elektrik dan umum.

Tanggung Jawab :

  1. Perawatan, pemeliharaan dan perbaikan seluruh instalasi Pengolahan Air Baku.
  2. Kebersihan bangunan, ruangan bengkel gudang peralatan mekanik dan listrik.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pemeliharaan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dari seluruh instalasi, peralatan, bengkel, bangunan, ruangan, halaman dari unit-unit pengolahan air bersih.
  3. Mengarahkan staf dalam kegiatan pemeriksaan seluruh instalasi pengolahan air bersih menurut jadual yang telah ditentukan.
  4. Menyelenggarakan perbaikan peralatan dan perlengkapan pipa-pipa dan meteran air.
  5. Mengawasi dan mengkoordinir proses pelaksanaan perbaikan-perbaikan yang perlu segera dilakukan di unit pengolahan air bersih.
  6. Mengkoordinir pelaksanaan perawatan instalasi air, meter air, mesin-mesin termasuk perlistrikan dan pompa air.
  7. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pembelian dan Sub Bagian Pergudangan dalam kebutuhan peralatan yang diperlukan untuk Sub Bagian Pemeliharaan.
  8. Mengawasi dan bertanggung jawab atas penggunaan dan penyimpanan bahan-bahan, spare parts dan peralatan dari bengkel.
  9. Mengadakan koordinasi aspek pemeliharaan rutin dengan Sub Bagian Pengolahan air bersih.
  10. Secara priodik menyusun laporan yang berkaitan dengan Sub Bagiannya tentang kondisi spare parts dengan format laporan yang ada.
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Produksi.