Bagian Keuangan

Pita Kartini, Amd
Kepala Bagian Keuangan

 

Wewenang :

Memperoleh data lengkap tentang keuangan perusahaan, memberi saran tentang penggunaan dana dan mengambil tindakan untuk memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan.

Tanggung Jawab :

  1. Pengawasan terhadap posisi likwiditas, rentabilitas dan solvabilitas dan indikator kinerja keuangan perusahaan lainnya.
  2. Kebenaran dan ketepatan waktu pencatatan dalam pembukuan seluruh transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan.
  3. Pengawasan terhadap tingkat efeseinsi penagihan rekening air dan rekening biaya pemadangan sambungan baru.
  4. Pengawasan terhadap pemasukan, penggunaan dan penyimpanan kas dan surat berharga perusahaan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Perencanaan Keuangan, Pembukuan dan Sub Bagian Kas, untuk masukan Tim Penyusunan Anggaran dalam penyusunan Anggaran Tahunan secara keseluruhan.
  2. Merumuskan pola koordinasi kerja dan strategi pencapaiannya secara terpadu untuk mencapai posisi perusahaan yang optimal dalam efisensi penagihan, lukuiditas, solvabilitas dan rentabilitas.
  3. Secara berkala melakukan penilaian terhadap koordinasi kerja yang terjalin di Bagian Keuangan dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan dalam hal terjadi penyimpangan dari kebijakan yang ditetapkan.
  4. Melakukan pengawasan yang intensif terhadap seluruh kegiatan yang dilaksanakan seluruh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya, dan memberikan saran dan instruksi yang diperlukan untuk peningkatan ataupun perbaikan kualitas kegiatan baik diminta atau Menyelenggarakan koodinasi kerja yang baik dengan seluruh bagian dalam rangka pelaksanaan fungsi pengawasan keuangan perusahaan, terutama dengan: (1) Bagian Umum, untuk menyusun jadual pembayaran gaji dan tunjangan untuk pegawai, pembayaran pada supplier dan lain-lain; (2) Bagian Hubungan Langganan, berkaitan dengan pelaksanaan pemutusan sambungan pelanggan yang disebabkan adanya tunggakan rekening air dan atau rekening biaya pemasangan sambungan baru.
  5. Memeriksa dengan teliti dokumen-dokumen pendukung kegiatan yang dilaksana kan oleh seluruh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya agar sekluruh kegiatan dapat terpantau secara terus menerus dan melakukan klarifikasi dalam hal ditemui kekeliruan.
  6. Memantau dan mengawasi kegiatan Sub Bagian Perencanaan Keuangan agar pengawasan terhada posisi likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas perusahaan dapat berjalan secara optimal.
  7. Memantau dan mengawasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Pembukuan agar pencatatan transaksi keuangan dapat dilaksanakan secara benar, tepat waktu dan sesuai dengan kebijakan akuntansi yang telah ditetapkan.
  8. Memantau dan mengawasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Penagihan agar efeseinsi penagihan rekening optimal, dan informasi piutang langganan selalu terpelihara secara up to date.
  9. Memantau dan mengawasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Kas agar kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran kas, termasuk alat-alat pembayaran dan kertas berharga serta pencatatannya dilaksanakan secara tepat dan benar.
  10. Secara berkala melkukan evaluasi dan analisa secara penyeluruh terhadap anggaran tahunan, dan mengusulkan revisi anggaran tahunan kepada Direktur dalam hal terjadi penyimpangan material yang berpengaruh pada nilai anggaran perusahaan secara keseluruhan.
  11. Mengurus transaksi Bank dan memelihara hubugan baik dengan Bank atau Lembaga Keuangan lain.
  12. Mengawasi penyelesaian soal asuransi dari aktiva perusahaan dan penyimpan semua polis asuransi dan menjaga agar polis-polis tersebut tetap berlaku.
  13. Mengusulkan kebijakan dan ketentuan baru mengenai tarif air dan kebijakan keuangan lainnya yang diperlukan untuk menjaga likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.
  14. Mengkoordinir dan memantau penyusunan laporan yang harus dibuat oleh setiap Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya, memeriksa laporan yang dihasilkan dan memberikan instruksi perbaikan dalam hal ditemui kekeliruan dalam penyusunannya.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam lingkup tugasnya yang diberikan oleh Direktur

Dalam melaksanakan pekerjaan, Kepala Bagian Keuangan dibantu oleh:

Sub Bagian Perencanaan Keuangan

Wewenang :

Mendapatkan data dan informasi keuangan dari semua Sub Bagian mengenai kegiatan yang dilaksanakan untuk penyusunan rencana keuangan dan pengawasannya.

Tanggung Jawab :

  1. Merencanakan dan pengawasan terhadap penerimaan dan pengeluarn kas.
  2. Pengawasan terhadap operasi perusahaan secara keseluruhan melalui analisa keuangan.
  3. Pelaksanaan revisi anggaran
  4. Analisa kelayakan investasi yang direncanakan perusahaan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Merumuskan pola koodinasi kerja yang baik, memberikan pengarahan yang diperlukan oleh staf bawahannya, baik diminta ataupun tidak, baik pada saat perencanaan kegiatan maupun pelaksanaannya agar seluruh kegiatan diSub Bagian Perencanaan Keuangan dapat terselenggara secara efektif dan efesein.
  3. Membantu staf bawahannya dalam pelaksanaan koordinasi kerja dengan unit ker ja lain di perusahaan.
  4. Berdasarkan petunjuk dariKepala Bagian Keuangan dan kerjasama dari Sub Bagian Penagihan serta bagian lain, menyusun rencana penerimaan dan pengeluaran kas bulanan untuk mencegah terjadinya defisit pada kas perusahaan.
  5. Menyusun analisa keuangan atas investasi yang direncakakan perusahaan, dan memberikan rekomendasi yang diperlukan agar kodisi keuangan perusahaan berada pada posisi yang sehat.
  6. Merumuskan dasar dan standar baru untuk penyusunan anggaran berikutnya.
  7. Melakukan analisa dan mengusulkan tindakan untuk mencegah kekurangan uang kas dan menyelidiki kemungkinan untuk memperoleh tambahan dana dari sumber-sumber baru, baik yang ditujukan untuk mengatasi kekurangan kas maupun untuk menambah persediaan kas.
  8. Memeriksa dengan teliti permintaan pengeluaran kas yang didasarkan pada dokumen pendukungnya, dan memberikan rekomendasi yang diperlukan oleh Kepala Bagian Keuangan dan pejabat lainnya sehubungan dengan permintaan pengeluaran kas sesuai dengan pertimbangan skalaprioritas pembayaran.
  9. Secara teratur melakukan analisa atas realisasi anggaran tahunan untuk seluruh kegiatan perusahaan, antara lain analisa mengenai penerimaan danpengeluaran kas, perolehan pendapatan, realisasi biaya, dan memberikan rekomendasi atau usulan kepada Kepala Bagian Keuangan serta pejabat lainnya mengenai cara atau tindakan yang diperlukan dalam hal terdapatnya penyimpangan.
  10. Berdasarkan instruksi dari Direktur, melakukan revisi anggaran sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
  11. Melakukan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.

Sub Bagian Pembukuan

Wewenang :

Menerima dan melakukan konfirmasi kepada semua Sub Bagian di perusahaan mengenai data dan keterangan transaksi keuangan maupun data lain yang menyebabkan berkurang atau bertambah nilai aktiva dan pasiva serta pendapatan dan biaya perusahaan.

Tanggung Jawab :

  1. Menyelenggarakan pembukuan/pencatatan transaksi keuangan secara benar dan tepat waktu pada Buku Jurnal, Buku Besar dan Buku Pembantu.
  2. Pembuatan laporan keuangan tepat waktu dan kebenaran data yang disajikan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pembukuan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Membantu Tim Penyusunan anggaran dalam pemeriksaan anggaran yang diajukan oleh Sub Bagian lainnya.
  3. Mengkoordinir seluruh staf bahawahannya agar terjalin koordinasi kerja yang baik dengan seluruh Sub Bagian.
  4. Mengkoordinir staf bawahannya dalam pelaksanaan pencatatan seluruh transaksi keuangan pada Buku Jurnal dan Buku Pembantu, sehingga pencatatan dilaksanakan melalui prosedur yang semestinya, serta pencatatan atas perubahan posisi harta, hutang, modal, pendapatan.
  5. Memberikan pengarahan yang diperlukan bawahannya baik diminta ataupun tidak agar seluruh kegiatan di Sub Bagian Pembukuan dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketetapan yang berlaku.
  6. Memeriksa kebenaran dokumen pembukuan serta kelengkapan bukti pendukungnya, dan mengadakan koordinasi baik dengan bagian lain yang terkait dengan pembuatan dokumen pembukuan dan pendukungnya dalam hal terjadi kesalahan atau ketidak jelasan pada dua dokumen tersebut.
  7. Mengawasi, memberikan pengarahan yang diperlukan dalam pelaksanaan pemindah bukuan dari Buku Jurnal kedalam perkiraan Buku Besar yang dilaksanakan secara bulanan.
  8. Memeriksa dan memastikan kesesuaian data antara Buku-Buku Pembantu dan perkiraan-perkiraan dari Buku Besar dan memberikan pengarahan yang diperlukan dalam hal terjadi kekeliruan dalam pelaksanaannya.
  9. Mengawasi pembuatan laporan dan memeriksa kebenaran Laporan Keuangan yang dibuat oleh pelaksana dari lingkungan Sub Bagiannya agar laporan yang disusun menyajikan data yang tepat dan benar.
  10. Meneliti laporan-laporan operasional dari bagian lain yang diterima terutama yang menyangkut keuangan dan biaya dan mengeceknya dengan pos-pos pembukuan.
  11. Secara berkala melakukan penilaian atas kebijakan pembukuan yang diterapkan dan memberikan masukan kepada Kepala Bagian Keuangan mengenai penyesuaian yang diperlukan agar sistem pembukuan yang dilaksanakan dapat sesuai dengan prinsip dan norma akuntansi serta ketetapan formal yang diberlakukan oleh instansi berwenang.
  12. Membantu Satuan Pengawas Intern dan akuntan negara dalam penyediaan data dan bahan-bahan yang diperlukan.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.

Sub Bagian Penagihan

Wewenang :

  1. Mengatur pelaksanaan penagihan Rekening Air dan Rekening Non Air.
  2. Mengatur pelaksanaan penyetoran hasil penagihan yang diperoleh disetiap loket penagihan pada Sub Bagian Kas dan Bank yang ditunjuk perusahaan.

Tanggung Jawab :

  1. Pelaksanaan secara efektif dan efesein penagihan atas Rekening Air dan Rekening Non Air.
  2. Ketertiban dan keamanan penyimpanan Rekening Air dan Rekening Non Air.
  3. Ketertiban dan keteraturan jadual penagihan Rekening Air dan penyetoran hasil penagihan Rekening Air dan Rekening Non Air.
  4. Kebenaran pencatatan data hasil penagihan Rekening Air dan Rekening Non Air.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Penagihan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Mengawasi realisasi rencana tahunan penerimaan tagihan Rekening Air dan Rekening Non Air dan memberikan saran mengenai tindakan yang perlu dilaksanakan untuk peningkatan efeseinsi penagihan.
  3. Mengkoordinir pendistribusian Rekening Air dan Rekening Non Air yang akan ditagih pada Loket Penagihan yang telah ditetapkan agar tepat waktu.
  4. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan penagihan di Loket-Loket Penagihan, dan secara berkala mengadakan kunjungan langsung ke Loket Penagihan untuk memeriksa kelayakan proses penagihan yang dilakukan oleh Petugas Loket.
  5. Mengadakan kerjasama yang baik dengan pihakke-III (tiga)/Bank yang diserahi tugas untuk mengelola Loket Penagihan.
  6. Menampung kesulitan petugas Loket Penagihan dalam melaksanakan pekerjaannya dan mengusahakan pemecahannya.
  7. Mengkkodinir staf di Sub Bagian Penagihan dalam penyusunan laporan berkala dari kegiatan yang telah dilaksanakan, serta mendidtribusikan laporan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  8. Mengkoordinir dan mengawasi secara ketat pencatatan dan penyimpanan seluruh Rekening Airyang belum tertagih, dan secara berkala melakukan pemeriksaan fisik atas Rekening Air dan Rekening Non Air yang belum tertagih untuk meyakinkan keamanannya.
  9. Mengawasi dan meneliti ketetapan laporan hasil penagihan dan pelaksanaan penyetoran hasil tagihan, baik yang disetor ke Sub Bagian Kas maupun yang langsung disetor ke Bank.
  10. Melakukan analisa atas hasil kegiatan penagihan dan memberikan saran atau rekomendasi kepada Kepala Bagian Keuangan untuk meningkatkan dan atau mempertahankan tingkat efeseinsi penagihan serta hal lain yang terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya.
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Ba gian Keuangan.

Sub Bagian Kas

Wewenang :

  1. Menyimpan, menerima dan mengeluarkan uang, alat pembayaran lain dan kertas berharga untuk perusahaan.
  2. Menolak permintaan uang yang tidak didukung oleh dokumen yang lengkap dan atau telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Tanggung Jawab :

  1. Keamaman dari uang kas dan kertas berharga lain yang disimpan di kantor.
  2. Ketapatan dari uang kas dan kertas berharga yang diterima, disimpan dan dikeluarkan.
  3. Kebenaran pencatatan mengenai jumlah uang kas dan kertas berharga yang dimiliki perusahaan, kebenaran pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang kas serta kertas berharga.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Kas dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Merumuskan pola koordinasi kerja yang baik antar seluruh staf bawahannya dengan unit kerja lain di perusahaan terutama yang berkaitan dengan Sub Bagian Kas.
  3. Mengkoordinir dan mengawasi secara intensif penerimaan kas yang berasal dari hasil penagihan Rekenig Air dan Rekening Non Air yang diserahkan oleh setiap petugas Loket Penagihan.
  4. Mengkoordinir pelaksanaan penyetoran uang kas hasil tagihan, baik yang disetorkan melalui Sub Bagian Kas maupun yang langsung disetor oleh Sub Bagian Penagihan ke Bank yang ditunjuk PDAM.
  5. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan penerimaan kas dari sumber diluar hasil penagihan Rekening Air dan Rekening Non Air, serta mengawasi penyetoran kas ke Bank yang ditunjuk perusahaan.
  6. Mengadakan kerjasama yang baik dengan Sub Bagian Perencana Keuangan mengenai rencana perputaran kas, terutama rencana pengeluarannya.
  7. Mengkoordinir dan mengawasi penyusunan laporan posisi kas harian untuk disampaikan pada pejabat yang berwenang pada hari berikutnya.
  8. Memeriksa secara teliti laporan hasil penagihan Rekening Air dan Rekening Non Air yang diterima dari Sub Bagian Penagihan, dan segera mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian tersebut apabila ditemui kekeliruan/selisih antara kas yang diterima dengan laporan yang disusun.
  9. Memeriksa secara teliti dokumen-dokumen pengajuan permintaan dan pengeluaran kas dan melakukan konfirmasi kepada pejabat yang terkait dan berwenang bila terjadi kejanggalan dalam pengajuannya.
  10. Secara rutin memantau kebenaran pencatatan/administrasi pengelolaan kas dan melakukan konfirmasi pada Bank untuk meyakinkan kebenaran pencatatan kas.
  11. Melakukan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.