Bagian Perencana Teknik

Samsu Bahari, ST, MM
Kepala Perencana Teknik

 

Wewenang :

Merancang pengembangan jaringan penyediaan dan penyaluran air minum dan menilai pelaksanaan proyek dari segi teknik.

Tanggung Jawab :

Perencaan, pengembangan dan hasil penelitian maupun penilaian pelaksanaan proyek.

Tugas :

  1. Menyusun Rencara Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Bagian Perencaan, Pengawasan dan Dokumentasi Langganan dan meberikan masukan yang diperlukan Tim Penyusunan Anggaran untuk merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Menyusun pola koordinasi kerja untuk seluruh staf bawahan untuk membentuk iklim yang sehat di Bagian Perencanaan, Pengawasan dan Dokumentasi.
  3. Mempersiapkan rancangan-rancangan proyek pengebangan suber air baku, sumber air limbah instalasi pengolahan air bersih, sistem transmisii dan distribusi berikut peralatan dan perlengkapan yang diperlukan.
  4. Menyusun Rencana Anggaran Biaya, jadual pelaksanaan konstruksi dan program kerja secara terperinci untuk berbagai proyek.
  5. Menyusun rencana dan spesifikasi untuk perluasan sistem Transmisi dan Distribusi.
  6. Mengkoordinir serta mengawasi kegiatan persiapan rencana-rencana pelaksanaan dan penelitian atas jalannya proyek.
  7. Mengadakan koordinasi dengan Bagaian Hubungan Langganan dalam pengembangan jaringan distribusi yang sudah dapat melayani masyarakat, sehingga pemasangan produk perusahaan dapat dilaksanakan.
  8. Mengkoodinir Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya untuk memastikan tersedianya gambar-gambar nyata laksana untuk semua sarana yang dimiliki perusahaan.
  9. Mengkoodinir dan memastikan adanya rencana gambar-gambar dan perkiraan biaya untuk setiap sambungan baru, baik sambungan ke rumah-rumah maupun ke instansi/perusahaan.
  10. Mengadakan koordinasi dengan instansi terkait mengenai pelaksanaan pengawasan proyek yang mempunyai keterkaitan dengan PDAM yang dilakukan oleh kontraktor.
  11. Mengkoodinir pengumpulan data pokok mengenai kesulitan air sekarang dan merencanakan potensi debit air baku serta air limbah dimasa yang akan datang untuk merencanakan pengembangan penyediaan air minum jangka panjang.
  12. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Umum untk penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya.
  13. Mengadakan evaluasi terhadap jalannya proyek dan menyarankan tindakan dan langkah-langkah untuk menghindari atau memperbaiki penyimpangan-penyimpangan dari jadual dan rencana yang telah ditetapkan.
  14. Mengawasi, memeriksa dan menilai pekerjaan pembangunan dan perbaikan yang diserahkan kepada pihak ketiga.
  15. Mengawasi pelaksanaan penyusunan laporan yang harus disusun oleh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya.
  16. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Direktur.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, Kepala Perencana Teknik dibantu oleh:

Sub Bagian Perencanaan Teknik

Wewenang :

  1. Mengumpulkan data dan informasi yang up to date dan lengkap untuk perencanaan.
  2. Menyusun rencana pelaksanaan proyek dan kalkulasi biaya yang bersangkutan.

Tanggung Jawab :

Penyimpanan data dan informasi untuk perencanaan, pembuatan gambar konst ruksi dan kalkulasi biaya proyek.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Perencanaan Teknik dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Menyusun pola koodinasi kerja untuk seluruh staf bawahan untuk membentuk iklim yang sehat di Sub Bagian Perencanaan Teknik.
  3. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pembelian terhadap harga bahan bangunan untuk keperluan kalkulasi biaya dan perencanaan.
  4. Menyusun rencana-rencana survei dan opname lapangan untuk pemasangan baru, jaringan pipa transmisi dan distribusi pada komplek baru dan mebuat kalkulasi biaya untuk setiap rencana atau proyek.
  5. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Transmisi dan Distribusi dalam peninjauan dan perencanaan dan rehabilitrasi pipa-pipa induk dan cabang dari jaringan pipa tranmisi dan distribusi untuk merencanakan penggantian meter air yang sudah tua.
  6. Menjamin tersedianya gambar-gambar nyata laksana dari seluruh fasilitas produksi, transmisi dan distribusi air bersih yang dimiliki perusahaan, terutama uang berada dibawah tanah.
  7. Menjamin tersedianya sistem arsip untuk penyimpanan gambar-gambar nyata laksanan.
  8. Melakukan pengawasan dan membantu pelaksanaan survei tofografi guna keperluan perluasan kecil dari sistem distribusi.
  9. Membantu Kepala Bagian Perencanaan dalam mengumpulkan data tentang kebutuhan air dimasa mendatang.
  10. Mengadakan koordinasi dengan instansi yang berkaitan dengan pekerjaan pengumpulan data sumber air baku dan sumber air limbah.
  11. Memonitor kemampuan kerja dari stafnya.
  12. Membuat/menyusun laporan secara rutin yang berkaitan dengan Sub Bagiannya sesuai dengan format yang ada.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Perencanaan, Pengawasan dan Dokumentasi.

Sub Bagian Pengawasan

Wewenang :

Melakukan pengawasan dan penilaian atas pelaksanaan konstruksi fisik dari proyek.

Tanggung Jawab :

Hasil pemeriksaan dan penilaian yang wajar dan kelancaran pelaksanaan konstruksi.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Pengawasan dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Menyusun pola koodinasi kerja untuk seluruh staf bawahan untuk membentuk iklim yang sehat di Sub Bagian Pengawasan.
  3. Mengkoordinir dan pengawasi semua kegiatan konstruksi dan pelaksanaan proyek di lapangan.
  4. Mengawasi jalannya pelaksanaan konstruksi atau pelaksanaan berbagai proyek yang ditangani perusahaan sendiri, berdasarkan rencana dan jadual waktu yang ditetapkan.
  5. Melakukan pengawasan dan penilaian terhadap pelaksanaan pekerjaan yang diserahkan kepada pemborong bwerdasrkan jadual, ketentuan dan syarat-syarat yang ada dalam kontrak.
  6. Melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan pembangunan proyek, berdasarkan gambar-gambar bestek, dan ketentuan mengenai pemakaian maupun jenis bahan ataupun perlengkapan dan peralatan yang digunakan.
  7. Melakukan pengawasan atas anggaran yang dibuat oleh Sub Bagian Perencanaan Teknik dan jumlah pengeluaran biaya yang sebenarnya.
  8. Melaporkan bilamana terjadi penyimpangan dari rencana yang ditetapkan atau kesulitan taknis dalam pelaksanaan proyek, dan mengusulkan tindakan yang perlu diambil.
  9. Mengadakan kerjasama dengan Sub Bagian Perencanaan ababila terdapat menyimpangan dari rencana-rencana teknis dan mengawasi pelaksanaan perbaikannya.
  10. Mengadakan analisa perbandingan antara apa yang ditetapkan dalam rencana dan hasil sebenarnya dari pelaksanaan proyek tertentu. Mengusulkan tindakan-tindakan yang perlu diambil untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi.
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Perencanaan, Pengawasan dan Dokumentasi.

Sub Bagian Dokumentasi Teknik

Wewenang :

Mengumpulkan data seluruh jaringan perpipaan, konstruksi pengolahan dan bangunan kantor.

Tanggung Jawab:

Pemeliharaan, Perbaikan dan keutuhan serta penyimpanan atas seluruh dokumentasi perusahaan.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Dokumentasi Teknik dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk diproses lebih lanjut.
  2. Menyusun pola koodinasi kerja untuk seluruh staf bawahan untuk membentuk iklim yang sehat di Sub Bagian Dokumentasi.
  3. Menyusun rencana survei pengumpulan data mengenai struktur dan pengembangan penduduk di wilayah Kota Bengkulu yang meliputi data tentang jumlah rumah tangga, pendapatan dan struktur pengeluaran, kesehatan dan sebagainya.
  4. Mengumpulkan dan menyimpan data teknis dan gambar-gambar situasi untuk persiapan penyusunan rencana konstruksi atau instalasi pipa pada komplek baru, serta formulir survei lapangan.
  5. Mengkoordinir pengumpulan informasi jaringan-jaringan pipa pada PDAM, yang menunjukkan letak jaringan pipa transmisi dan distribusi, katup-katup, afsluiter, panjang dan diameter pipa, lokasi proyek, pembangunan rumah dan sebagainya.
  6. Mengkoordinir pencetakan ulang semua data-data, dokumen, prosedur, gambar-gambar dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan perusahaan serta mendistribusikannya ke Sub Bagian dalam perusahaan.
  7. Mengadakan evaluasi, penilaian dan pemeriksaan atas seluruh data, dokumen dan informasi dan memberikan rekomendasi kepada Kepala Gabaian Perencana Teknik untuk dilakukan revisi dan penyesuaian, sehingga data, gambar dokumen cukup up to date.
  8. Mengkoordinir pengumpulan data dan informasi yang up to date danmlengkap mengenai jumlah sambungan meter air yang berfungsi/tidak berfungsi, jumlah keadaan dan letak kran umum, hydran umum, keadaan tekanan air, kerusakan pada jaringan pipa, perbaikan yang telah/belum dilaksanakan.
  9. Melakukan pemeriksaan kebenaran pemeriksaan data-data dalam formulir survei sebelum diserahkan kepada pelaksana komputer ACAD dan komputer Data Base.
  10. Melakukan pemeriksaan kebenaran pemeriksaan seluruh data-data serta gambar-gambar yang dihasilkan dari komputer ACAD meupun komputer Data Base sebelum dilaksanakan penyimpanan data/gambar.
  11. Mengkoodinir pelaksanaan penyimpanan data-data, gambar-gambar serta formulir survei lapangan kedalam Owtner ataupun Box/Lemari Gambar secara teratur.
  12. Mengawasi dan membantu mengumpulkan data yang berhubungan dengan pengembangan sumber-sumber air baku dan sumber air limbah.
  13. Mempersiapkan laporan bulanan dan tahunan termasuk program yang tepat untuk periode berikutnya.
  14. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Perencanaan, Pengawasan dan Dokumentasi.