Bagian Transmisi & Distribusi

K u s w a n t o
Plt Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan

 

Wewenang :

Mengatur pelaksanaan seluruh kegiatan penyambungan baru, pemutusan dan penyambungan kembali, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa dan meter air pelanggan.

Tanggung Jawab :

  1. Kelancaranaliran/tekanan air di jaringan Transmisi dan Distribusi.
  2. Terjamin kualitas air di jaringan Transmisi dan Distribusi.
  3. Pengendalian kehilangan air di seluruh sistem perpipaan/jaringan.
  4. Pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa Transmisi dan Distribusi.
  5. Pelaksanaan pengembangan jaringan perpipaan.
  6. Pemasangan dan pemutusan sambungan konsumen.
  7. Perbaikan meter air.

Tugas :

  1. Menyusun Rencara Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan dan meberikan masukan yang diperlukan Tim Penyusunan Anggaran untuk merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Menyusun program penanggulangan kebocoran dengan rencana survei kebocoran pipa distribusi dan perbaikan meter air untuk wilayah operasi perusahaan yang disusul dengan pelaksanaan perbaikan, testing dan penggantian pipa dan meter baru.
  3. Menyusun program sistem pemeliharaan jaringan Transmisi dan Distribusi dengan mengorganisir pengumpulan data mengenai keadaan jaringan-jaringan pipaTransmisi dan Diatribusi,jumlah dan keadaan meter air per wilayah distribusi.
  4. Menyusun pola koordinasi kerja untuk seluruh Sub Bagian yang berada dibawahnya untuk membentuk iklim yang sehat di Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan.
  5. Mengorganisir pengaturan dan pengoperasian katup aliran air dan pengawasan jaringan pipa distribusi.
  6. Mengidentifikasi permasalahan tekanan air yang mungkin timbul pada jaringan pipa distribusi dan melakukan tindakan untuk mengatasi masalah tekanan air yang ada pada jaringan pipa distribusi.
  7. Memantau kualitas air di jaringan distribusi, bekerjasama dengan Sub Bagian Laboratorium untuk pengambilan sampel dan analisa airnya, mengambil tindakan untuk mengatasi penyebab masalah kualitas air.
  8. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Meter dan Sub Bagian Rekening dalam memantau tingkat kebocoran/kehilangan air setiap bulan dengan membandingkan jumlah air yang didistribusikan dengan jumlah kubikasi air yang terjual.
  9. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Umum untuk menjamin pengadaan/penyiapan peralatan, perlengkapan dan bahan untuk melaksanakan kegiatan Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan.
  10. Menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan, perbaikan dan penggantian jaringan pipa distribusi maupun meter air, termasuk perlengkapannya secara kontinyu dan bertahap untuk seluruh wilayah distribusi.
  11. Koordinasi dengan Bagian Perencanaan Teknik dan Bagian Hubungan Langganan untuk mengatur dan memeriksa pemasangan pipa baru, pemasangan meter baru, baik yang dikerjakan oleh perusahaan sendiri maupun oleh Instalatur.
  12. Mengadakan koordinasi dengan Bagian Hubungan Langganan dan Bagian Keuangan untuk pelaksanaan kegiatan penyambungan/pemutusan sambungan ke konsumen dan mengganti meter yang rusak.
  13. Mengarahkan, mengawasi kegiatan Sub Bagian Bengkel Meter dalam pelaksanaan pengetesan, peneraan, perbaikan dan penyegelan meter air.
  14. Menyelenggarakan pemeriksaan dan pengawasan secara terus menerus terhadap pelaksanaan program penanggulangan sambungan liar dan langkah-langkah pencegahannya.
  15. Mengawasi, memeriksa penyusunan laporan yang harus dibuat oleh Sub Bagian yang berada dibawah koordinasinya agar penyajiannya dengan tepat waktu dan sesuai dengan format yang ada.
  16. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Direktur.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan dibantu oleh:

Sub Bagian Transmisi dan Distribusi

Wewenang :

Mengatur pemeliharaan Reservoir,jaringan pipa induk, cabang dan distribusi berikut perlengkapan dan peralatannya.

Tanggung Jawab :

Kelancaran operasi pemeliharaan jaringan pipa, kondisi jaringan pipa dan sistem distribusi air.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Transmisi dan Distribusi dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk dapat merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Mengkoordinir kegiatan pemeriksa dan pelaksanaan pemeliharaan sistem jaringan perpipaan secara rutin.
  3. Mengkoordinir pemeriksaan terhadap Kran Umum, Hydran Kebakaran, Katup dan sebagainya, serta melaporkan dan menyelenggarakan perbaikan bilamana terjadi kerusakan atau kebocoran.
  4. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pelayanan Langganan dalam mengambil tindakan penutupan dan mencegah terjadinya pemasangan sambungan liar.
  5. Mengkoordinir dan mengawasi seluruh kegiatan staf dalam regu-regu kerja dan menugaskan mereka untuk melaksanakan pekerjaan yang telah direncanakan untuk wilayahnya.
  6. Mengadakan koordinasi dengan Sub bagian Hubungan Langganan dalam pelaksanaan penutupan dan penyambungan kembali sambungan pipa pelanggan agar sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  7. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan pemeriksaan secara berkala untuk sistem transmisi dan distribusi yang mencakup, pemeriksaan kondisi pipa dan perlengkapannya, pemeriksaan sambungan tidak terdaftar dan pemeriksaan katup aliran.
  8. Mengorganisir dan menggerakkan kegiatan pemeliharaan/perbaikan pipa distribusi dan perlengkapannya.
  9. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pergudangan dalam pengadaan perlengkapan, bahan dan suku cadang agar dapat menjamin kelancaran pekerjaan Sub Bagian Transmisi dan Distribusi.
  10. Mengawasi, memeriksa dan melaporkan pemasangan sambungan baru.
  11. Mengawasi agar bak-bak penampungan air dalam pipa, penyambungan pipa, pemasangan pipa baru selalau dalam keadaan berfungsi dan bersih.
  12. Mengajukan usul-usul kepada Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan untuk mengatasi kesulitan dalam pelaksanaan tugas operasional.
  13. Mengawasi dan bertanggung jawab atas pemakaian serta penyimpanan semua peralatan yang ada di Sub Bagiannya.
  14. Mengawasi penyusunan laporan yang berkaitan dengan Sub Bagian Transmisi dan Distribusi secara periodik sesuai dengan format yang ada.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan.

Sub Bagian Meter Segel

Wewenang :

Mengatur pemasangan, pemeliharaan, pengecekan, pencabutan dan perbaikan instalasi meter air.

Tanggung Jawab :

Keadaan meter air yang makin sempurna.

Tugas :

  1. Menyusun Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan untuk Sub Bagian Meter Segel dan menyampaikan kepada Tim Penyusunan Anggaran Perusahaan untuk dapat merumuskan Anggaran Perusahaan secara keseluruhan.
  2. Mengkoordinir seluruh kegiatan staf yang berada dibawah koordinasi Sub Bagian Meter Segel.
  3. Mengorganisir kegiatan kerja dalam tata waktu pengecekan kondisi dan fungsi tiap meter air yang ada pada semua pelanggan.
  4. Mengkoordinir kegiatan penggantian meter air yang telah berumur 5 tahun lebih dengan meter yang baru, dengan perhitungan biaya yang diperlukan dan diajukan rencananya kepada Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan.
  5. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pelayanan Langganan, Pembaca Meter dalam penelitian dan pemeriksaan atas pemasangan meter liar, pemalsuan segel dan sebagainya serta mengambil tindakan semetinya.
  6. Mengorganisir pelaksanaan kegiatan pemasangan meter baru, pemeriksaan meter air, perbaikan rutin meter air, maupun perbaikan atas permintaan pelanggan setelah diadakan pemeriksaan terlebih dahulu.
  7. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Transmisi dan Distribusi dalam pelaksanaan pemutusan dan penyambungan kembali sambungan pelanggan.
  8. Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Pergudangan dalam penyerahan meter yang rusak(tidak dapat digunakan lagi).
  9. Mengawasi pelaksanaan pencabutan meter air dari pelanggan yang dinyatakan berhenti.
  10. Mengawasi pelaksanaan dokumentasi mengenai keadaan, mutasi dan perkembangan pemeliharaan/perbaikan dari setiap meter air di pelanggan serta mengawasi persediaan meter air.
  11. Mengawasidan bertanggung jawab atas pemakaian serta penyimpanan semua perlatan yang ada di Sub Bagiannya.
  12. Mengawasi, memeriksa penyusunan laporan yang berkaitan dengan Sub Bagiannya yang dibuat secara periodik sesuai dengan format yang ada.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Transmisi, Distribusi dan Penyambungan.