Sejarah Perusahaan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu telah ada sejak zaman Belanda, yaitu pada tahun 1929 dengan nama Bengkoeloen Water Leiding Bedrijf. Kemu­dian setelah tahun 1945 dikelola oleh salah satu seksi DPU, yaitu Seksi Saluran Air Minum. Pada tahun 1974 dengan Perda Kotamadia Dati II Bengkulu Nomor: 01/1-3/HUK/ 1974 tanggal 22 November 1974 di bentuk Perusahaan Daerah Air Minum dengan nama Perusahaan Daerah Air Minum Kotamadya Daerah Tingkat II Bengkulu.

Maksud didirikannya PDAM adalah memberikan jasa dan menyelenggarakan  keman­faatan umum dengan menyediakan air minum yang sehat dan memenuhi syarat-syarat kesehatan secara terus menerus. Tujuan Perusahaan adalah turut serta da­lam melaksanakan pembangunan daerah Kota Bengkulu melalui  penyediaan dan pendistribusian air bersih/air minum bagi masyarakat di dalam wilayah Kota Bengkulu, serta melaksanakan pembangunan ekonomi nasional pada umumnya.

Sesuai dengan bentuk hukumnya, PDAM Kota Bengkulu merupakan lembaga otonom yang pengelolaannya secara penuh menjadi hak dan tanggung jawab manajemen perusahaan. Hubungan dengan Pemerintah Daerah sebagai pemilik perusahaan diformulasikan melalui pembentukan Badan Pengawas yang terdiri dari unsur-unsur instansi Pemerintah Daerah yang terkait dengan operasi PDAM.