SPI

Ir. Erlanda, MM
Kepala Satuan Pengawas Intern

Wewenang:

Atas dasar persetujuan dari Direktur Utama memberikan instruksi kepada Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh aspek kegiatan perusahaan.

Tanggung jawab:

  1. Ketepatan pelaksanaan pemeriksaan yang ditugaskan.
  2. Kebenaran hasil pemeriksaaan dan rekomendasi yang diberikan

Tugas:

  1. Bersama Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Tekpik menyusun program pemeriksaaan tahunan perusahaan.
  2. Mengkoordinir dan membantu pelaksanaan pemeriksaan terhadap sistem dan prosedur kerja pada setiap fungsi di perusahaan, antara lain fungsi pembelian, fungsi keuangan, fungsi pemasaran, fungsi produksi dan distribusi yang diterapkan perusahaan sesuai dengan skala prioritasnya.
  3. Merumuskan rekomendasi yang diperlukan untuk disampaikan kepada Direktur Utama dalam rangka memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas pelaksanaannya berupa usulan tindakan koreksi yang diperlukan, atau usulan perubahan kebijakan sesuai dengan temuan yang diperoleh dari hasil Pemeriksaan Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksaan Bidang Teknik.
  4. Mengkoordinir dan membantu Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik dalam pelaksanaan analisa atas realisasi dari rencana/anggaran tahunanan menilai usulan pemeriksaaan lebih terinci pada satu atau lebih aspek yang dipandang perlu diteliti dan diperiksa lebih lanjut yang diajukan oleh kedua pemeriksa. Atas dasar persetujuan instruksi dari Direktur Utama, bersama Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik melakukan pemeriksaan terinci terhadap aspek yang ditetapkan.
  5. Melakukan penilaian atas usulan yang diajukan oleh Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik mengenai pemeriksaaan terinci terhadap satu atau lebih sistem dan prosedur untuk suatu fungsi dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan. Atas dasar persetujuan Direktur Utama, bersama Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik melakukan pemeriksaan terinci terhadap fungsi yang telah ditetapkan.
  6. Melakukan penilaian atas usulan yang diajukan oleh Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik mengenai pemeriksaaan terinci terhadap satu atau lebih aspek kegiatan khusus dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan. Atas dasar persetujuan dan instruksi dari Direktur Utama, bersama Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik melakukan pemeriksaan terinci terhadap kegiatan tertentu.
  7. Mengkoordinir dan membantu Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik dalam pelaksanaan penilaian terhadap standar keuangan dan teknis yang diterapkan dan menilai usulan penyempurnaannya yang diajukan oleh kedua pemeriksa untuk diteruskan pada Direktur Utama.
  8. Mengkoordinir kegiatan Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik dalam pelaksanaan pemeriksaan administratif, keuangan dan teknis terhadap proyek yang dilaksanakan perusahaan, serta merumuskan rekomendasi yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaannya untuk disampaikan pada Direktur Utama.
  9. Mengkoordinir Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik atas dalam pelaksanaan penilaian terhadap kelayakan organisasi yang diterapkan, yang meliputi penilaian atas struktur organisasi perusahaan, struktur organisasi bagian dan struktur organisasi sub bagian berikut penilaian terhadap Sumber Daya Manusia yang ditempatkan pada setiap posisi. Melakukan penilaian terhadap rekomendasi yang diajukan oleh Pemeriksa Bidang Administrasi dan Keuangan dan Pemeriksa Bidang Teknik mengenai hasil penilaian untuk disampaikan pada Direktur Utama yang bertujuan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi.
  10. Membantu Akuntan ekstern yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaa:n pada perusahaan untuk memperlancar tugas yang diberikan.
  11. Mengkoordinir penyusunan laporan hasil pemeriksaan untuk setiap pemeriksaan yang dilaksanakan agar dapat diperoleh laporan obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan.
  12. Melaksanakan tugas-tugas pemeriksaan lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Direktur Utama.

Kepala Bagian SPI dalam menjalankan tupoksinya, dibantu oleh sub bidang:

Pemeriksa Bidang Administrasi & Keuangan

Wewenang:

Melakukan pemeriksaan terhadap seluruh aspek kegiatan perusahaan.

Tanggung jawab:

  1. Ketepatan pelaksanaan pemeriksaan yang ditugaskan.
  2. Kebenaran hasil pemeriksaaan dan rekomendasi yang diberikan

Tugas :

  1. Menyusun program pemeriksaan tahunan untuk aspek administrasi keuangan dan mengajukan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern untuk mendapatkan persetujuan.
  2. Secara berkala, berdasarkan pedoman ataupun kebijakan yang telah ditetapkan, melakukan pemeriksaan terhadap sistem dan prosedur kerja pada setiap fungsi di perusahaan, antara lain fungsi pembelian, fungsi keuangan dan fungsi pemasaran yang diterapkan perusahaan sesuai dengan skala prioritasnya.
  3. Sesuai dengan temuan yang diperoleh dari hasil pemeriksaan, menyusun rekomendasi yang diperlukan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas pelaksanaannya berupa usulan tindakan koreksi yang diperlukan, atau usulan perubahan kebijakan yang telah ditetapkan dengan memperhatikan berbagai faktor.
  4. Melakukan analisa atas realisasi dari rencana/anggaran tahunan dan memberikan usulan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan lebih terinci pada satu atau lebih aspek yang dipandang perlu diteliti dan diperiksa lebih lanjut.
  5. Mengusulkan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan terinci terhadap satu atau lebih sistem dan prosedur untuk suatu fungsi dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan, baik berdasarkan informasi formal maupun non formal.
  6. Mengusulkan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan terinci terhadap satu atau lebih aspek, misalnya pemeriksaan kas, persediaan dan sebagainya dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan, baik berdasarkan informasi formal maupun non formal.
  7. Melakukan penilaian terhadap standar keuangan yang diterapkan dan mengajukan ’ usulan penyempurnaannya kepada Kepala Satuan Pengawas Intern dalam hal diperkirakan tidak relevan untuk diterapkan, baik karena kondisi ataupun disebabkan oleh faktor lain.
  8. Atas dasar instruksi dari Kepala Satuan Pengawas Intern, melakukan pemeriksaan administratif atau keuangan terhadap proyek yang dilaksanakan perusahaan.
  9. Atas dasar instruksi dari Kepala Satuan Pengawas Intern melakukan penilaian terhadap kelayakan organisasi yang diterapkan, yang meliputi penilaian atas struktur organisasi perusahaan, struktur organisasi bagian dan struktur organisasi sub bagian berikut penilaian terhadap Sumber Daya Manusia yang ditempatkan pada setiap posisi. Memberikan rekomendasi kepada Kepala Satuan Pengawas Intern mengenai hasil penilaian yang bertujuan untuk peningkatan efektivitas dan efisiensi organisasi.
  10. Membantu Akuntan eksternal yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan pada perusahaan untuk memperlancar tugas yang diberikan.
  11. Menyusun laporan hasil pemeriksaan untuk setiap pemeriksaan yang dilaksanakan secara obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan.
  12. Melaksanakan tugas-tugas pemeriksaan lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Satuan Pengawas Intern.

Pemeriksa Bidang Teknik

Wewenang :

Melakukan pemeriksaan terhadap seluruh aspek kegiatan perusahaan bidang teknik.

Tanggung jawab:

  1. Ketepatan pelaksanaan pemeriksaan yang ditugaskan.
  2. Kebenaran hasil pemeriksaaan dan rekomendasi yang diberikan

Tugas :

  1. Menyusun program pemeriksaan tahunan untuk aspek produksi dan distribusi air. dan mengajukan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern untuk mendapatkan persetujuan.
  2. Secara berkala, berdasarkan pedoman, standar ataupun kebijakan yang telah ditetapkan, melakukan pemeriksaan terhadap sistem dan prosedur kerja dalam pelaksanaan proses pengambilan air baku, pengolahan air dan pendistribusian air ke pelanggan sesuai dengan skala prioritasnya.
  3. Sesuai dengan temuan yang diperoleh dari hasil pemeriksaan, menyusun rekomendasi yang diperlukan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas pelaksanaannya berupa usulan tindakan- koreksi yang diperlukan, atau usulan perubahan kebijakan yang telah ditetapkan dengan memperhatikan berbagai faktor.
  4. Melakukan analisa atas ‘realisasi dari rencana/anggaran tahunan dan memberikan usulan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan lebih terinci pada satu atau lebih aspek yang dipandang perlu diteliti dan diperiksa lebih lanjut.
  5. Mengusulkan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan terinci terhadap satu atau lebih sistem dan prosedur untuk suatu aspek dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan, baik berdasarkan informasi formal maupun non formal.
  6. Mengusulkan kepada Kepala Satuan Pengawas Intern pemeriksaan terinci terhadap satu atau lebih aspek, misalnya kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan, kondisi meter air pelanggan, kebocoran dan sebagainya dalam hal diketahui adanya penyimpangan dari kebijakan yang telah ditetapkan, baik berdasarkan informasi formal maupun non formal.
  7. Melakukan penilaian terhadap standar teknis produksi dan distribusi air yang diterapkan dan mengajukan usulan penyempurnaannya kepada Kepala Satuan Pengawas Intern dalam hal diperkirakan tidak relevan untuk diterapkan, baik karena kondisi ataupun disebabkan oleh faktor lain.
  8. Atas dasar instruksi dari Kepala Satuan Pengawas Intern, melakukan pemeriksaan teknis terhadap proyek yang dilaksanakan perusahaan.
  9. Atas dasar instruksi dari Kepala Satuan Pengawas Intern dan bekerja sama dengan Pemeriksa Administrasi Keuangan, melakukan penilaian terhadap kelayakan organisasi yang diterapkan, yang meliputi penilaian atas struktur organisasi perusahaan, struktur organisasi bagian dan struktur organisasi sub bagian berikut penilaian terhadap Sumber Daya Manusia yang ditempatkan pada setiap posisi. Memberikan rekomendasi kepada Kepala Satuan Pengawas Intern mengenai hasil penilaian yang bertujuan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi.
  10. Membantu Akuntan ekstern yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan pada perusahaan untuk memperlancar tugas yang diberikan.
  11. Menyusun laporan hasil pemeriksaan untuk setiap pemeriksaan yang dilaksanakan secara obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan.
  12. Melaksanakan tugas-tugas pemeriksaan lain dalam bidangnya yang diberikan oleh Kepala Satuan Pengawas Intern.